11 Manfaat Menulis Blog yang Perlu Kamu Ketahui!

Halo Sobat Blogger! Setiap pekerjaan pasti ada manfaat yang akan didapatkan oleh orang yang melakukannya. Begitu pula dengan profesi blogger ini, yang kesehariannya hanya menulis artikel saja. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seorang blogger, baik itu dirasakan langsung saat itu juga, atau bisa dalam jangka waktu tertentu.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai mengapa seorang traveler harus memiliki sebuah travel blog, nah kali ini saya akan membahas mengenai beberapa manfaat dari menulis blog.

manfaat menulis blog yang perlu kamu ketahui
Sumber: https://ift.tt/34ElHMU
Meski sekilas nampak sama, yaitu sama-sama membahas mengenai manfaat sebuah blog, namun pada artikel itu saya membahas lebih spesifik, yakni untuk dikhususkan untuk seorang travel blogger. Kalau yang sekarang saya jadikan umum, yaitu untuk semua blogger.

Lalu, apa sajakah manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh seorang blogger? Yuk kita simak bersama!

11 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan dari Menulis Blog

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari menulis blog.

1. Mengasah Skill Menulis Kamu

Ya, dengan ngeblog sudah pasti dapat mengasah skill atau kemampuan menulismu. Karena seorang blogger dituntut untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna untuk pengunjung. Maka kamu harus pandai-pandai mengatur gaya penulisan supaya mudah dipahami oleh semua orang.

2. Tempat Menyalurkan Bakat

Kebanyakan seorang blogger di dunia nyatanya juga suka menulis. Atau bisa dikatakan mereka hobi menulis. Mereka tidak keberatan apabila disuruh menulis apapun, misalnya mencatat materi yang diterangkan guru. Maka mereka akan dengan senang hati menuliskan semuanya, bahkan jika dirasa penjelasan gurunya kurang dimengerti, mereka menambahkan beberapa kata supaya mudah dimengerti.

3. Bisa Mendapatkan Penghasilan

Yang satu ini pasti semua orang sudah mengetahuinya. Ya, menulis blog juga bisa menghasilkan uang, sama seperti pekerjaan lainnya. Mereka bisa mendapatkan penghasilan apabila blog mereka sudah di approve atau diterima oleh Google Adsense. Kemudian mereka memasang script iklan di blog mereka. Sehingga blog mereka terdapat iklan.

4. Bisa Menjadi Bahan Pembelajaran Bagi Banyak Orang

Khusus untuk kalian yang menulis blog diary dan semacamnya, tulislah cerita yang menarik dan bermanfaat, yang sekira bisa menjadi pembelajaran untuk semua orang. Karena blogger yang menulis blog diary pasti menuliskan pengalaman pribadinya. Maka hal itu bisa diambil hikmah oleh orang yang membacanya.

Misalnya, kamu menulis pengalaman dikejar-kejar anjingnya Pak Herman, maka tulislah hikmah disitu, bahwa kalo nggak mau dikejar-kejar anjing, nggak usah ganggu si anjing itu.

5. Menumbuhkan Rasa Cinta Membaca

Sadar nggak sadar, seorang blogger pasti jadi lebih sering membaca. Baik itu membaca artikel blognya sendiri maupun artikel blog orang lain. Karena mereka sebenarnya sedang membutuhkan semacam bahan informasi tambahan yang akan mereka tambahkan ke blog mereka.

Saya sendiri juga sering mampir ke blog orang lain, atau dalam dunia blog dikenal dengan istilah blogwalking. Saya suka gitu mampir ke blog yang artikelnya bermanfaat, misalnya yang membahas tips blogging untuk pemula, ditambah dengan tampilan blognya yang rapi dan bersih. Bikin betah aja gitu berlama-lama di blognya.

6. Memiliki Banyak Teman

Sebagai seorang blogger, sudah tentu kamu dapat memiliki banyak teman. Sebab sebelumnya kamu sudah bergabung ke beberapa grup ataupun komunitas blogger. Kemudian sebagai member baru kamu sangat ramah dan ternyata member lainnya pun tidak terganggu dengan keberadaanmu.

Kalau sudah begitu, tinggal jalin saja pertemanan dan persahabatan antar sesama member. Jangan sampai kalian membuat gaduh grup tersebut. Sebab akan ada konsekuensi dari admin grup, baik itu sekedar teguran atau bisa sampai dikeluarkan dari grup.

7. Menjadi Lebih Teliti dalam Berbagai Hal

Kalau yang ini mungkin hanya beberapa dari kalian yang merasakannya. Ya, sebagai penulis blog maka sadar nggak sadar kamu menjadi lebih teliti. Misalnya, kamu teliti jika ada kata-kata yang salah atau typo dalam artikelmu. Biasanya, blogger yang teliti gak akan membiarkan ada kata yang salah di semua artikel blognya.

8. Bisa Pamer ke Teman-Teman

Memang untuk poin kali ini sedikit berkesan negatif. Tapi sekali-kali pamer nggak apa-apa kali ya hehehe. Ya, profesi blogger kini bisa kembali berjaya, setelah sebelumnya sempat meredup dikarenakan sedikit orang yang mengetahui dunia blog.

Nah, kamu bisa berbagi informasi kepada temanmu sekaligus bisa pamer. Apalagi kalo blogmu terhitung sudah terkenal dan mendapatkan banyak visitor. Pasti banyak teman-temanmu yang iri.

9. Bisa Menciptakan Personal Branding

Meski udah sering saya jelasin, tapi gak apa-apa kali ya kalo saya jelasin lagi disini. Jadi, apa sih personal branding itu? Penjelasan singkatnya, personal branding itu kita punya sebuah perusahaan atau sebuah blog, tapi dengan merek kita sendiri.

Contoh simpelnya, seperti blog AubiNesia ini. Saya membuat blog dengan nama AubiNesia yang mengandung makna nama saya sendiri, yaitu Aubin, dan kata belakang yang merupakan singkatan dari Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan gaya menulismu sendiri. Seperti saya yang selalu menyapa kalian dengan sapaan "Halo Sobat Traveler!" untuk konten traveling, dan sapaan "Halo Sobat Blogger!" untuk konten blogging. Tentunya ini bukan sembarang tulisan, ini termasuk gaya menulis saya yang khas seperti ini.

10. Belajar Menjadi Orang yang Kreatif

Dengan memiliki sebuah blog, kamu juga bisa belajar menjadi orang yang kreatif. Dalam hal apa saja? Banyak banget. Diantaranya kamu bisa belajar membuat artikel yang menarik untuk mendatangkan banyak visitor, harus cermat memilih ide untuk menulis blog, atau membuat tampilan blog kalian jadi lebih keren sesuai kreativitas masing-masing.

11. Tulisan Kalian Juga Bisa Dipakai untuk Ikutan Lomba Menulis!

Waaah, kayaknya menyenangkan ya, sambil menyalurkan hobi menulis juga sekalian diikutsertakan dalam sebuah lomba blog. Seperti kata pepatah, "Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui".

Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya alami, hadiah lomba blognya lumayan lho. Bisa dapat uang tunai jutaan rupiah, handphone keren, bahkan sampai hadiah motor. Wah seneng banget ya kalo sampai menang lomba blognya!

Rugi banget buat yang belum sama sekali nulis blog. Ayo dong, kembangin blogmu supaya makin berkembang dan besar. Emang bunga doang yang bisa mengembang? Hehehe.

Kesimpulan

Pada dasarnya, blog itu diciptakan sebagai sebuah media berbagi informasi kepada khalayak umum (waduh, baku banget katanya, udah kayak di pelajaran Bahasa Indonesia aja, hehe). Tapi lebih mantap lagi kalo sekalian diikutin lomba kan? Kalo belum menang ya mungkin belum rezeki, ya seenggaknya menambah pengalaman lah.

Oke guys. Dari semua manfaat ngeblog yang udah saya sebutin diatas, apakah semuanya udah kamu alami? Yah mungkin kebanyakan pada bilang udah sih hehe, tapi gapapa lah. Dijadiin motivasi ngeblog aja.

Oke guys, sekian dulu ya artikel untuk kali ini. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Salam Blogger Indonesia!~

Belum ada Komentar untuk "11 Manfaat Menulis Blog yang Perlu Kamu Ketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel