7 Topik Blog yang Menguntungkan di Masa Pandemi Corona

AubiNesia ~ Halo Sobat Blogger! Saat ini, pandemi Corona masih menjadi masalah yang dikhawatirkan di seluruh dunia. Pasalnya, virus ini dari awal kemunculannya hingga saat ini telah merenggut ratusan ribu korban jiwa. Dampak lain yang dirasakan dari pandemi Corona adalah, terjadinya krisis ekonomi di seluruh dunia. Tak heran, jika Virus Covid-19 ini sangat merugikan umat manusia.

Banyak pihak-pihak yang dirugikan karena virus ini. Diantaranya adalah hotel-hotel yang sepi karena masyarakat enggan menginap di hotel, pelaku jasa pre wedding yang merugi lantaran tidak adanya pesanan, hingga pelaku usaha jasa travel juga terkena imbas akibat pandemi Corona ini.

Tidak terkecuali kaum blogger. Para blogger di seluruh dunia juga terkena imbas dari pandemi Corona ini, meskipun dampaknya tidak terlalu besar.

Contoh kecilnya seperti saya ini. Tadinya blog ini membahas konten traveling. Lantas, mengapa sekarang jadi membahas konten blogging? Ini dia, efek dari pandemi yang dirasakan para blogger (termasuk saya) adalah ada beberapa konten/niche/topik blog yang tidak laku alias tidak dicari oleh banyak orang.

Coba aja, kalo saya tetap meneruskan konten traveling, ya jelas blog saya akan sepi pengunjung. Sebab ya mana ada di tengah maraknya wabah virus Corona begini, ada orang yang asik jalan-jalan? Maka dari itu, saya "memutar" otak dan berpikir, bagaimana caranya ya supaya blog ini tetap ada pengunjung selama #dirumahaja.

Alhasil, tercetuslah ide untuk "putar haluan", dari yang tadinya membahas konten traveling, sekarang jadi bahas konten blogging. Nah, selain topik blogging, topik apalagi kah yang paling menguntungkan dan cukup menjanjikan untuk para blogger di masa pandemi Corona ini? Yuk kita simak bersama!

7 Topik Blog yang Menguntungkan di Masa Pandemi Corona
Sumber: https://ngetik.id

Topik Blog yang Menguntungkan di Masa Pandemi Corona

Berikut adalah beberapa topik blog yang paling menguntungkan dan cukup menjanjikan untuk para blogger di masa pandemi Corona.

1. Kesehatan/Kedokteran

Tak mengherankan apabila konten kesehatan menjadi yang paling menguntungkan di tengah pandemi. Sebab banyak orang-orang mencari-cari berbagai macam informasi cara melindungi diri dari Corona agar tetap aman, cara menjaga kesehatan tubuh, cek gejala-gejala awal Corona, dan sebagainya.

Topik ini tidak bisa sembarang orang boleh menulisnya. Sebab hanya orang-orang tertentu yang boleh memiliki topik blog ini, seperti dokter, perawat, atau orang yang ahli dalam bidang kesehatan. Nanti kalo yang nulis masyarakat awam yang "hanya sekedar cari trafik" nulisnya cuma asal-asalan dan belum tentu bisa dipastikan kebenarannya.

2. Blog Resep Makanan

Dampak yang langsung terasa oleh masyarakat dari adanya wabah Corona adalah kita diharuskan untuk tetap di rumah aja alias gak boleh keluar rumah jika mendesak. Sampai kapan? Yaaaa, sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Bisa jadi 2 bulan lagi, 5 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun lagi? Only God knows :)

Nah, karena kita diharuskan tetap #dirumahaja, maka kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dibandingkan diluar rumah, segala aktivitas sehari-hari pun kita lakukan di rumah. Biasanya, para emak-emak akan cari-cari resep makanan enak untuk sahur maupun berbuka puasa untuk keluarga.

3. Konten Blogging

Meskipun topik ini hanya populer di kalangan para blogger, namun jangan salah. Konten blogging sangat diminati dan banyak dicari lho. Seperti tips ngeblog, pengalaman blogging, berbagi informasi blogging, share template premium gratis, dan lain-lain.

Karena sehari-hari para blogger hanya mantengin laptop/komputer seharian, dari bangun tidur sampai tidur lagi. Makanya topik yang satu ini bisa menguntungkan.

4. Artikel Berita

Ini sih sudah jelas. Banyak orang yang tiap hari mantengin berita supaya nggak ketinggalan info seputar Virus Corona. Sama seperti topik kesehatan, hanya orang-orang tertentu yang boleh menulis konten ini. Diantaranya jurnalis, reporter, atau perusahaan-perusahaan berita (D3t1k, K0mp4s, Tr1bun, dan lain-lain).

5. Cerita Mistis atau Horror

Yah, gak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia itu suka dengan hal-hal berbau mistis. Alhasil, jadilah konten horror menjadi populer di Indonesia. Kami warga +62 ini seperti tidak ada takut-takutnya gitu lho dengan mereka yang "tak terlihat".

Kemarin aja yang viral berita hantu Yoteno yang katanya nelponin orang-orang untuk meneror banyak orang, eh sama warga +62 ini malah dijadiin meme. Saya aja sampai ngakak liat meme-nya.

Oh ya, buat yang belum baca artikel horror yang sudah pernah saya tulis di blog ini, mari merapat kuy baca kisah horror keluarga saya yang cukup membuat Anda ketakutan tidur sendirian. Hihihi.

6. Artikel Tutorial

Karena semua orang sekarang lagi pada di rumah, maka topik tutorial cukup menguntungkan dan cukup menjanjikan. Tutorial apa aja? Hmm bisa banyak hal sih. Bisa kerajinan tangan, tutorial masak, tutorial buka YouTube, dan lain-lain. Pokoknya tutorial sehari-hari gitu lah.

7. Informasi Unik dan Menarik

Banyak orang yang mencari topik seperti ini untuk menjawab berbagai pertanyaan yang mereka miliki. Contohnya saja ketika bulan puasa, banyak orang mencari informasi tentang bagaimana caranya menghilangkan bau mulut saat puasa, lalu hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang selama di rumah, hingga resep makanan untuk sahur atau buka puasa.

Kesimpulan

Jadi intinya, kalian bebas nulis blog dengan topik apapun, asalkan kalian sendiri menguasai topik yang kalian pilih. Kalo kamu nggak bisa nulis tentang topik yang kamu pilih, cuma sekedar "ngikut" doang karena kebetulan topik yang dipilih itu sedang rame, ya percuma! Pasti nanti di tengah-tengah bakalan males nulis dan berhenti ngeblog.

Oke, mungkin segini aja artikel untuk kali ini. Semoga bermanfaat ya buat yang baru mau nulis blog, ataupun yang pengen pindah ganti topik. Oh ya, blog ini nantinya akan balik lagi bahas konten traveling kok, kalo pandemi Corona sudah berakhir. Doain aja ya, semoga kondisi bumi lekas pulih dan kembali seperti biasanya. Amin.

Sekian, terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam Blogger Indonesia!~


from AubiNesia https://ift.tt/2ALCQJR

Belum ada Komentar untuk "7 Topik Blog yang Menguntungkan di Masa Pandemi Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel