Mengenal COVID-19 Beserta Cara Melindungi Diri Agar Tetap Aman

Halo Sobat Traveler! Saya turut bersedih atas wabah yang akhir-akhir ini meresahkan seluruh dunia. Saya mengucapkan turut berduka cita kepada orang-orang yang telah meninggal dunia karena virus ini.

Khusus untuk negeri kita tercinta, Indonesia, saya ingin membagikan sedikit informasi mengenai apa itu COVID-19 alias Corona, beserta cara melindungi diri agar kita tetap aman.

Yuk kita simak informasi berikut ini!

Apa Itu COVID-19?

COVID-19 (Corona)
Sumber: Nationalgeographic.grid.id
COVID-19 atau Corona merupakan sebuah virus mematikan yang dapat menular kepada manusia. Ada beberapa gejala seseorang dapat dikatakan positif Corona, yaitu demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, bersin-bersin, dan kesulitan bernapas (sesak napas).

Awal mula munculnya Virus Corona yaitu dari Negeri Panda atau China, tepatnya di Kota Wuhan. Awalnya beberapa restoran menyediakan menu baru, yaitu sup kelelawar. Dan hanya dalam waktu singkat, menu ini langsung populer dan viral ke seluruh penjuru dunia.

Namun, kelelawar yang merupakan hewan menjijikan, kotor, dan jorok tentu saja memiliki berbagai macam bakteri maupun virus berbahaya. Tidak heran, bila Corona muncul dan langsung menular ke seluruh penjuru dunia.

Bagaimana Cara Melindungi Diri Agar Tetap Aman?

Ada beberapa cara atau upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir tersebarnya virus Corona kepada orang-orang di sekitar Anda. Berikut adalah cara-cara melindungi diri dari Corona:

1. Rajin Cuci Tangan Setiap 30 Menit

Anda harus rajin-rajin cuci tangan dengan sabun secara teratur, dengan air mengalir selama 20 detik. Mengapa harus sering-sering cuci tangan? Karena kita semua nggak tau, apakah tangan kita itu banyak bakterinya atau tidak.

Bisa jadi setelah Anda memegang benda-benda sehari-hari yang dapat menjadi media penularan Virus Corona ini, dan tangan Anda ternyata terkena bakteri dan virus. Lalu Anda lupa cuci tangan, dan sempat bersalaman dengan orang lain. Wah bahaya itu, bisa jadi Anda sudah positif Corona.

Anda harus melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah keluar dari toilet, sebelum dan setelah bangun tidur, dan setelah keluar dari rumah.

2. Hindari Menyentuh Muka

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bisa jadi tangan Anda kotor, kemudian Anda menyentuh muka, baik itu mata, hidung, atau mulut, dan bakteri jahat itu kemudian masuk kedalam tubuhmu melalui muka Anda. Apakah Anda mau?

Makadari itu, hindarilah menyentuh muka Anda.

3. Saat Bersin, Tutup Mulut Anda

Selalu tutup mulut Anda ketika bersin. Baik itu dengan masker ataupun tutup dengan baju Anda. Karena salah satu media penularan Corona adalah dari air liur orang, baik itu ketika bersin, lagi ngobrol, dan sebagainya.

4. Gunakan Masker Ketika Dirasa Mulai Sakit

Selalu gunakan masker ya! Baik itu ketika berada diluar rumah, maupun ketika Anda berada di dalam rumah. Karena kita tidak tau, apakah keluarga Anda sendiri sudah ada yang terinfeksi atau belum. Cobalah cek kesehatan anggota keluarga Anda ke dokter.

5. Menjaga Jarak (Minimal 1 Meter) dari Orang yang Mengidap Sesak Napas

Waspada itu diperlukan. Bahkan ketika sedang bersama keluarga Anda, jaga jarak juga harus dilakukan. Apalagi jika bersama orang yang mengidap sesak napas. Anda harus menjaga jarak darinya minimal 1 meter.

6. Perbanyak Minum Air Putih agar Tenggorokan Selalu Basah

Salah satu saluran penyebaran virus Corona adalah tenggorokan, yang berasal dari mulut Anda. Anda harus terus menjaga tenggorokan Anda tetap basah. Karena kalau kering, Corona akan lebih mudah menyerang tubuh Anda. Perbanyaklah minum air putih.

7. Rajin Olahraga dalam Rumah

Meskipun Anda tidak bisa keluar rumah untuk nge-gym, namun Anda juga tetap harus rutin olahraga di dalam rumah. Anda bisa olahraga push-up, sit-up, legs-up, dan lain sebagainya. Agar kondisi tubuhmu tetap sehat.

Karena ingat selalu, Corona tidak akan mampu menyerang tubuh orang yang sehat. Jadi intinya, badanmu harus sehat selalu, udah itu saja kuncinya. Jangan sampai antibodi Anda jadi lemah dan gampang terserang penyakit.

8. Usahakan Selalu Berada di dalam Rumah

Usahakan Anda dan keluarga Anda selalu berada di dalam rumah. Mengapa? Bisa jadi tetangga Anda sudah ada yang terinfeksi Corona, lalu Anda keluar dan bertegur sapa dengannya, eh malah Anda juga tertular.

Sesibuk apapun Anda, usahakan selalu berada di dalam rumah ya. Jika tidak ada keperluan yang penting. Namun jika seandainya Anda terpaksa harus keluar rumah juga tidak apa-apa, ASALKAN memakai masker ya!

Untuk keluarga yang ada di dalam rumah, lakukanlah aktivitas untuk menemani hari-harimu di rumah selama libur. Agar tidak bosan, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Misalnya bermain game, mengerjakan tugas sekolah, bermain bersama keluarga, ngobrol-ngobrol, chattingan dengan teman, tidur, atau jika ingin menambah pahala Anda bisa sambil mengaji dan melakukan sholat-sholat sunnah, seperti sholat Dhuha, sholat sunnah Rawatib, sholat Tahajjud, dan lain sebagainya.

9. Bersihkan Barang-Barang yang Ada di Rumah

Kita tidak tau apakah setiap benda di rumah kita itu bersih atau tidak. Makadari itu, untuk berjaga-jaga, bersihkanlah barang-barang yang ada di rumah Anda. Seperti meja, gagang pintu, telepon, saklar lampu, kursi, lemari, keran, bak mandi, handphone, hingga toilet.

Pokoknya Anda harus bisa menjamin rumah Anda itu bersih dan nyaman dipakai selama Anda libur dari sekolah maupun libur kerja.

10. Yang Paling Penting, Berdoa kepada Yang Maha Kuasa

Poin terakhir dan yang paling penting, selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar virus mematikan ini segera lenyap dari muka bumi. Doakan agar virusnya cepat menghilang dan orang-orang yang sudah terinfeksi bisa sembuh kembali.

Doakan agar kehidupan di dunia kembali seperti sedia kala. Seharusnya dengan Tuhan menurunkan wabah seperti ini, membuat kita semakin ingat kepada-Nya. Agar kita mengingat dan kembali bertaubat. Kembali ke jalan yang lurus.

Mungkin ini adalah salah satu cara Tuhan mengingatkan kita yang banyak membuat kerusakan di muka bumi agar kembali bertaubat. Meninggalkan segala hal yang tidak penting untuk dilakukan.


Corona, Please Stop Your World Tour Before Ramadhan 🙏🙏🙏


Penutup

Demikian informasi singkat untuk kali ini. Jangan lupa untuk di share kepada teman-temanmu ya, agar semakin menjaga kesehatan tubuh. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat ya! 😊🙏

Salam Traveler!~

Belum ada Komentar untuk "Mengenal COVID-19 Beserta Cara Melindungi Diri Agar Tetap Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel