Tips Supaya Mudah Mendapatkan Ide untuk Menulis Blog

Halo Sobat Traveler! Ngeblog memang merupakan sebuah profesi yang menyenangkan. Profesi ini tidak dituntut untuk melakukan rutinitas seperti orang kantoran yang harus bangun pagi, langsung mandi dan sarapan, berangkat, pulang malam, dan sebagainya. Tidak, profesi ngeblog ini berbeda dengan pekerjaan lainnya.

Sebagai seorang blogger, kita bebas melakukan hal apa saja yang kita inginkan. Menulis blog pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa di rumah, kafe, restoran, dan lain sebagainya. Kebanyakan blogger bahkan bangunnya siang, dan langsung mengetik di laptop.

tips supaya mudah mendapatkan ide untuk menulis blog
Sumber: pexels.com
Sesederhana itu ternyata profesi seorang blogger. Eits, tapi tak semudah itu, Ferguso! Dibalik segala kemewahan yang didapatkan dari bekerja sebagai penulis blog, ternyata semua blogger di seluruh dunia harus kreatif memikirkan ide apa yang ingin dituliskannya.

Tak jarang bahkan para blogger yang kemudian kehilangan ide atau bahkan tidak mendapat ide untuk menulis. Nah, saya sendiri ketika menulis blog punya beberapa tips dan trik agar bisa menulis blog dengan benar. Apa sajakah tips itu? Yuk kita simak bersama!


Tips Supaya Mudah Mendapatkan Ide untuk Menulis


Berikut ini adalah beberapa tips untuk kalian sebagai seorang blogger supaya mudah mendapatkan ide untuk menulis artikel blog.

1. Pilih Tempat Ngeblog yang Nyaman

Kamu harus pandai-pandai memilih tempat ngeblog yang nyaman. Kalau kamu ngeblog di rumah, pilihlah ruangan yang menurutmu paling nyaman. Misalnya, di kamarmu, di meja belajar, di meja khusus kerja, di ruang keluarga, dan di tempat lainnya yang menurutmu nyaman.

Jika kamu ngeblog di kafe atau restoran, pilihlah kafe yang nyaman. Yang suasananya damai dan tenang, supaya pikiranmu lancar untuk merangkai kata-kata. Pilihlah ruangan yang ber-AC di kafe tersebut supaya tambah nyaman.

2. Sediakan Camilan dan Secangkir Kopi atau Teh

Jika kamu sudah menentukan tempat yang dirasa nyaman, selanjutnya kamu bisa menyediakan snack atau makanan ringan dan secangkir kopi atau teh hangat. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Sebab kalau kamu lapar ya tinggal mengambilnya saja. Tanpa harus pergi ke dapur. Jadi menghemat tenaga dan waktumu.

3. Gunakan Headphone/Earphone dan Putar Lagu Favoritmu

Menentukan tempat sudah, menyediakan 'amunisi' juga sudah. Sekarang saatnya kamu memulai untuk menulis artikel. Kamu perlu memutar lagu-lagu favoritmu untuk menenangkan pikiranmu supaya santai. Gunakan headphone jika kamu ngeblog via laptop atau PC, dan earphone jika kamu ngeblog via handphone atau tablet.

Saya pun kalau ngeblog juga sama seperti ini. Jika saya ngeblog via PC saya pakai headphone, dan jika ngeblog via tablet maka saya pakai earphone. Adapun lagu-lagu favorit yang saya putar ketika menulis blog, akan saya bahas pada kesempatan berikutnya. 😁

4. Curahkan Segala Isi Hati Kamu

Ngeblog itu urusan hati. Tulislah kalimat demi kalimat yang terlintas di pikiran dan di hati kamu. Jika ada ide, langsung tulis, jangan ditunda-tunda, nanti malah jadi lupa. Tak perlu peduli apa kata orang lain. Ngeblog lah sesuai dengan kondisi dirimu saat ini.

Ciptakan gaya menulismu yang khas dan berbeda dari kebanyakan orang. Supaya menciptakan sebuah personal branding, alias 'brand' merek kamu sendiri di mata pengunjung. Jadilah dirimu sendiri!

5. Tulislah Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Tak perlu mengikuti gaya penulisan blog orang lain. Kamu cukup menjadi diri sendiri. Seperti yang sudah disinggung diatas, tak usah pedulikan omongan orang lain, berani beda!

Ceritakan pengalaman pribadi kamu yang mungkin konyol, aneh, atau tidak terduga. Tidak apa-apa. Mungkin pengalamanmu bisa menjadi pelajaran bagi orang lain. Namun tetap, sisipkan nilai moral atau hikmah yang dapat diambil oleh pembaca dari pengalaman pribadimu.

6. Kamu Bisa Menulis Berdasarkan Ide atau Omongan Orang Lain

Ide untuk menulis blog itu bisa datang dari mana saja. Bisa jadi ia datang dari pengalaman pribadimu, atau berdasarkan ide atau perkataan orang lain. Bisa juga dari percakapanmu dengan orang lain. Jika kamu tertarik menjadikannya sebuah cerita, maka tulislah.

Kamu juga bisa meminta saran atau pendapat kepada mereka, sebaiknya saya ingin menulis konten apa ya. Siapa tau mereka memberikan saran yang terbaik dan kamu pun setuju dengan saran temanmu itu.

Bisa juga kamu tulis artikel berdasarkan pengalaman pribadi orang lain. Ternyata gak cuma kamu yang mengalami kejadian konyol, orang lain pun pasti pernah mengalaminya. Maka, tulislah pengalaman temanmu menjadi sebuah konten di blogmu, tapi setelah mendapat izin dari si pemilik cerita ya.

7. Istirahatlah Sejenak

Jika tidak kunjung menemukan topik yang menarik untuk kamu jadikan konten, kamu bisa beristirahat untuk sementara waktu. Meskipun itu hanya sekedar meluruskan kaki, nonton TV, makan, main handphone, atau bahkan tidur.

Biasanya, ide akan banyak sekali berdatangan ketika kamu bangun tidur. Karena pada saat itu kondisi kepalamu masih sangat segar, masih fresh, karena baru saja seperti 'di restart' ulang karena kamu tidur. Jadi pikiran pun akan enak dan berjalan lancar.

8. Kamu Juga Bisa Liburan Sejenak, lho...

Kamu juga boleh pergi liburan sejenak untuk melepas penat. Entah itu pergi belanja ke Mall bersama keluarga, nonton bioskop, atau pergi keluar kota mengunjungi destinasi wisata di kota tersebut. Siapa tau, ketika nanti sudah balik, banyak ide-ide yang berdatangan. Selain itu, dengan pergi berlibur, otomatis kamu telah mendapat pengalaman baru dan dapat dijadikan konten blog kamu.

9. Pergi ke Ruangan Lain untuk Menenangkan Pikiran

Hal ini perlu dilakukan. Supaya kamu nggak bosan hanya ngeblog disitu-situ aja. Pindah ke ruangan lain yang nggak kalah tenang dengan ruangan semula. Supaya kamu tetap bisa berkonsentrasi melanjutkan kalimat dalam artikelmu.

Saya sendiri juga sama. Ketika mulai bingung dan kehabisan ide, biasanya saya pindah ke tempat lain. Bisa pindah ke ruang keluarga untuk nonton TV sejenak, ke kamar bermain tablet, atau duduk santai di teras rumah sambil menikmati berjalannya waktu dan menikmati hembusan angin, ditemani dengan secangkir teh hangat. Kenikmatan yang hakiki.

Perlu berpindah tempat supaya pantatmu nggak kecape'an duduk berjam-jam mantengin layar PC/laptop. Seenggaknya pas kamu udah pindah ruangan, kamu nggak pegel kan?

10. Ngeblog Itu Dibawa Santai Aja, Gak Usah Terlalu Serius

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, ngeblog itu merupakan profesi tersantuy di dunia. Bagaimana nggak, para blogger nggak dituntut untuk bangun pagi, langsung mandi dan sarapan, berangkat ke kantor, sampai pulang malam. Nggak kayak gitu. Blogger mah bebas bro!

Kami para blogger bebas mau nulis artikel kapan aja dan dimana aja. Kecuali jika kamu sudah melakukan jadwal rutin update artikel. Kalau saya nggak pernah pakai yang begituan. Saya ngeblog ya sebagai hobi aja. Jadi dibawa santai. Bisa update 4 hari sekali, seminggu sekali, dan sebagainya.

Kamu nggak usah stres jadi blogger. Kerjaannya tiap hari cuma buat artikel, posting, edit, buat artikel lagi, posting, edit, dan seterusnya. Rutinitasnya begitu-begitu aja sebagai seorang blogger.

Tapi jangan kelewat santai sampai nggak posting-posting dalam jangka waktu yang lama. Seminggu cukup 1 atau 2 artikel. Sebulan bisa ada 4 hingga 8 artikel. Lumayan kan?


Kesimpulan


Oke, jadi begitulah guys, beberapa tips blogger dari saya. Saya sengaja 'menguber-uber' rahasia saya sebagai seorang blogger, soalnya banyak yang nanya, "Mas, gimana sih supaya cepat dapat ide untuk menulis blog?" Dan baru sempat saya tulis beberapa tipsnya sekarang.

Jadi kesimpulannya, nggak usah peduli omongan orang lain soal artikelmu jelek lah, nggak bermanfaat lah, tampilan blog jelek lah, dan lain sebagainya. Terus saja nulis sampai tiba-tiba kamu sudah terkenal dan bisa membalas omongan orang yang meledekmu itu.

Juga ngeblog itu dibawa santai aja ya. Nggak usah terlalu serius sampai bikin stres sendiri. Kalau kepalamu mulai pusing dan kehabisan ide, tinggal istirahat sejenak. Tapi juga jangan terlalu kelewat santai sampai nggak posting berbulan-bulan.

Oke guys, segini dulu ya artikel untuk kali ini. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca. Dan semoga artikel ini bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam Traveler!

Belum ada Komentar untuk "Tips Supaya Mudah Mendapatkan Ide untuk Menulis Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel