Inilah 5 Fakta Gunung Merbabu yang Harus Kamu Ketahui!

Halo Sobat Traveler! Pulau Jawa merupakan sebuah pulau utama di Indonesia selain Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pulau Jawa merupakan pulau terluas ke-13 di dunia. Dan merupakan salah satu pulau dengan penduduk terbanyak di dunia.

Di Pulau Jawa, terdapat banyak sekali gunung-gunung yang memiliki view atau pemandangan yang sangat indah. Mulai dari Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur. Semuanya memiliki karakteristik dan keindahannya masing-masing.

Sumber: www.nativeindonesia.com
Salah satunya adalah Gunung Merbabu. Gunung berapi yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan bertipe stato ini terletak secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang (lereng sebelah barat), Kabupaten Boyolali (lereng sebelah timur dan selatan), serta Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang (lereng sebelah utara).

Nah, kali ini saya akan menuliskan beberapa informasi menarik mengenai Gunung Merbabu yang mungkin belum kalian ketahui. Apa sajakah fakta-faktanya? Yuk kita simak bersama!

5 Fakta Menarik Gunung Merbabu

Berikut ini adalah 5 fakta menarik Gunung Merbabu yang harus kalian ketahui.

1. Memiliki Banyak Jalur Pendakian

Fakta yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pendaki. Gunung Merbabu ini memiliki banyak jalur pendakian, dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Untuk yang baru pertama kali mendaki Gunung Merbabu, sebaiknya kalian melewati jalur pendakian via Selo Boyolali.

Sementara untuk kalian yang sudah terbiasa mendaki gunung dan memiliki tenaga yang ekstra, kalian bisa memilih melewati jalur yang cukup menantang dan membutuhkan fisik yang sangat bagus, yaitu melewati Jalur Kopeng Thekelan, Jalur Wekan, dan Jalur Suwanting.

2. Pernah Mengalami Erupsi

Dari beberapa sumber, dapat diketahui bahwa konon Gunung Merbabu pernah mengalami beberapa letusan dan juga erupsi. Gunung Merbabu pernah meletus pada tahun 1560 Masehi, dan letusan kedua terjadi pada tahun 1797 Masehi.

3. Memiliki 3 Puncak Utama

Selain memiliki jalur pendakian yang cukup banyak, Gunung Merbabu juga memiliki 3 puncak utama, yakni Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsono, serta Puncak Syarif.

Untuk dapat mencapai ketiga puncak tersebut, kalian bisa melalui jalur yang berbeda-beda. Kalau kalian ingin mencapai Puncak Kentengsono, kalian harus melewati Jalur Selo Boyolali. Sedangkan 2 puncak lainnya bisa dicapai melalui semua jalur lainnya.

4. Bertetangga dengan Gunung Merapi

Selain memiliki pesona yang sangat indah, Gunung Merbabu ternyata juga bertetangga dengan Gunung Merapi lho. Kamu bisa melihat betapa gagahnya Gunung Merapi di sebelah selatan Gunung Merbabu via Jalur Selo Boyolali.

Selain itu juga, basecamp Gunung Merbabu via Jalur Selo juga satu arah dengan basecamp Gunung Merapi via Jalur Selo. Namun untuk saat ini, basecamp Merapi ditutup karena Gunung Merapi masih berstatus waspada.

5. Memiliki Sabana Hijau yang Indah

Fakta terakhir, Gunung Merbabu ternyata memiliki sabana hijau yang indah dan sangat luas. Sabana ini bisa kalian temukan di semua jalur, namun pemandangan yang paling indah bisa dilihat di Jalur  Suwanting.

Jika kalian ingin berfoto di sabana ini, sebaiknya datang saat musim hujan atau setelah musim hujan. Karena pada saat itu sabana ini terlihat sangat indah.

Penutup

Oke, itulah tadi beberapa fakta menarik Gunung Merbabu yang harus kalian ketahui. Semoga menambah wawasan kita semua ya.

Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel ini! Semoga bermanfaat ya!

Salam Traveler!~

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Fakta Gunung Merbabu yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel