Tips Blogging untuk Pemula Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

Halo Sobat Traveler! Semenjak saya bergabung di dunia blogging pada tahun 2017 silam, saya telah mempelajari berbagai macam teknik dan memahami beberapa materi agar kita dapat menulis sebuah artikel yang menarik. Saya sudah meneliti tentang berbagai macam trik seorang blogger agar blognya mendapatkan banyak visitor.

tips blogging untuk pemula agar mendapatkan banyak pengunjung
Sumber: www.leskompi.com
Tentunya kita sebagai seorang blogger ingin kan agar blog kita dikunjungi oleh banyak orang? Sama seperti saya, saya ingin menyajikan artikel yang bermanfaat dan berkualitas dengan tujuan memberikan informasi kepada pengunjung blog ini.

Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan oleh blogger pemula demi mendapatkan banyak pengunjung? Apa saja kah tips-tips blogging untuk pemula? Yuk kita simak bersama!

Tips Blogging untuk Pemula Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

Berikut ini adalah tips-tips menulis blog yang harus diperhatikan oleh blogger pemula agar blog kamu dikenal banyak orang.

1. Tulis Artikel yang Bermanfaat, Berkualitas, dan Original

tulislah artikel yang bermanfaat, berkulitas, dan original
Sumber: www.kolomsatu.com
Tulislah artikel atau konten blogmu yang bermanfaat untuk orang lain. Satu hal yang perlu kamu ketahui sebagai blogger pemula, jangan sekali-kali kamu ngeblog semata-mata hanya ingin mendapakan uang.

Jika orientasi atau motivasi kamu ngeblog hanya karena ingin mendapatkan uang dengan mudah, lebih baik kamu berhenti ngeblog aja deh. Percuma, karena niat seperti ini tidak akan mengantarkan kamu menjadi seorang blogger sukses.

Sebaliknya, fokuslah menulis konten yang berkualitas dan harus memberikan manfaat kepada orang lain. Sebelum posting artikel, baca dulu artikelmu beberapa kali. Lalu jika kamu sendiri sebagai seorang penulis merasa bahwa artikelmu bermanfaat dan layak untuk dibaca orang lain, maka kamu baru boleh menerbitkan artikel tersebut.

Mengapa demikian? Karena yang menilai sesuatu itu tentu dari diri kita dulu kan? Baru orang lain. Maka, bila diri kita sudah nyaman, apalagi orang lain. Tentu jauh merasa lebih nyaman.

Satu lagi, usahakan artikelmu harus original alias kamu ketik sendiri. Jangan sekali-kali kamu copy-paste atau plagiat artikel orang lain. Sangat sangat tidak direkomendasikan.

Mengapa? Selain kita tidak menghargai karya orang tersebut, juga kita seolah tidak memiliki niat untuk menjadi seorang blogger. Malas menulis, malas update artikel, alhasil konten jiplak semua. Wah sudah mending kamu berhenti saja jadi blogger!

Kecuali jika kamu memberikan sumber dari artikel yang kamu copas. Baru diperbolehkan, asalkan sudah ada izin dari si pemilik website tersebut.

2. Gunakan Template Blog Premium

viomagz template blog premium
Sumber: medium.com
Kalau sudah memperbaiki kualitas artikel, saatnya memperbaiki template blogmu. Memperbaiki bagaimana maksudnya mas? Saat awal membuat blog, tentunya kita mendapatkan template gratis dari platform blog tersebut. Nah, kita harus mengganti template gratis tersebut dengan template premium berbayar.

Gunakan template yang bersih, rapi, dan fast loading alias loadingnya sangat cepat. Mengapa hal ini perlu diperhatikan? Karena kita sebagai pemilik website selalu memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung.

Kita tidak ingin kan kalau loading blog kita menjadi lambat, ujung-ujungnya malah blog kita ditinggalkan dan pengunjung malah pada pindah ke blog tetangga.

Perhatikan juga kerapihan dan kebersihan template blognya. Karena salah satu faktor yang membuat blog kita ramai pengunjung adalah kebersihan template. Tentunya sebagai pengunjung blog, kita menginginkan kunjungan yang nyaman bukan?

Seperti itulah yang diinginkan pengunjung ketika mampir di blog kita. Mereka menginginkan kunjungan yang bermanfaat dan mengharapkan kenyamanan dalam membaca artikel blog kita.

Saya merekomendasikan template premium buatan Mas Sugeng. Beliau banyak menciptakan template blog premium yang berkualitas dan banyak disukai para blogger. Beberapa template premium karya beliau yang laris dipakai ribuan blogger adalah EvoMagz, VioMagz, dan LinkMagz.

Blog ini sendiri pernah menggunakan template EvoMagz, VioMagz, dan LinkMagz. Namun saat ini saya memilih kembali menggunakan template VioMagz karena udah SREG di hati. Seolah-olah saya gak bisa move on dari VioMagz. Mungkin yang mengikuti blog ini pasti mengetahui lah ya, bahwa blog ini sering gonta-ganti template. 😂

Untuk blog khusus toko online, bisa menggunakan template VioToko. Harga templatenya nggak mahal-mahal amat kok. Sebanding dengan fasilitas yang akan kita dapatkan. Harganya kisaran antara Rp 150.000 - Rp 245.000 saja.

3. Rajin Update Artikel

rajin update artikel
Sumber: www.hotelmu.id
Selanjutnya, kamu harus rajin-rajin update artikel. Seminggu minimal update 3 artikel. Mengapa harus sering-sering posting artikel untuk blogger pemula? Karena biar blogmu ada isinya. Biar nggak kosong, biar nggak hampa kayak hatiku. 😂

Yaa pokoknya biar blogmu ada isinya. Karena syarat diterimanya Google Adsense adalah artikel blogmu minimal diatas 30 artikel. Banyak gak tuh?

Selain itu, dengan kamu rajin update artikel, dapat membuat blogmu semakin banyak tampilan halaman, dikarenakan pengunjung blogmu membaca dari satu artikel ke artikel lainnya.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, seorang blogger dituntut untuk kreatif dan memiliki ide untuk membuat menulis blog supaya artikelnya bagus.

4. Untuk Mempercepat Loading Blog, Kurangi Widget yang Tidak Berguna

blog harus fast loading
Sumber: www.webhosting.uk.com
Solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi loading blog lambat adalah dengan mengurangi widget-widget di dalam blog yang tidak berguna. Khusus untuk pengguna template VioMagz, cukup gunakan widget About Me, Labels, dan Postingan Populer di Sidebar blog.

Sementara di bagian footer gunakan halaman statis (About This Blog, Contact, Disclaimer, Privacy Policy, Sitemap, dan sebagainya), serta icon media sosial yang mengarah ke akun media sosial kamu.

5. Fokus Pada Satu Niche (Topik)

fokus pada satu topik
Sumber: trikmudahseo.blogspot.com
Jika kamu ingin menjadi blogger sukses, kamu harus fokus pada satu topik saja. Pilihlah topik untuk dibahas di blogmu sampai kapan pun. Tapi tentunya kamu juga harus menguasai topik tersebut.

Mengapa harus satu topik? Karena biar blog kalian terstruktur gitu lho. Jangan jadikan blog kalian menjadi blog gado-gado, alias blog yang membahas banyak hal.

Misal, blog saya ini topiknya traveling. Ya sudah terus update konten bertopik traveling sampai kapan pun. Namun kenyataannya, saya malah melenceng dan malah membahas banyak hal diluar traveling. Hehehe, jangan dicontoh ya guys.

6. Jika Kamu Serius Ingin Menjadi Blogger, Kamu Wajib Membeli Domain TLD!

ekstensi domain tld
Sumber: sasambodesign.com
Sebagai seorang blogger, tentunya kita ingin sukses bukan? Namun ketahuilah, meraih kesuksesan itu tidak mudah guys. Perlu perjuangan ekstra dan terkadang membutuhkan pengorbanan yang cukup besar.

Salah satu bentuk pengorbanan tersebut adalah kita harus membeli domain TLD untuk blog sendiri. Apa sih domain TLD itu? Domain TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Yang artinya domain tingkat lanjut, jadi kita nggak pake domain gratisan dari Blogger (hahaha.blogspot.com) atau dari WordPress (hahaha.wordpress.com).

Namun, bila kita ingin mendapatkan domain TLD berkualitas, kita harus membelinya. Saya sudah pernah membahas mengenai domain TLD ini, silakan baca selengkapnya disini.

Beberapa contoh ekstensi domain TLD adalah .COM .NET .XYZ .ID .ORG dan masih banyak lagi. Perlu diingat, ada beberapa domain TLD yang GRATIS namun dianggap SPAM oleh Google.

Jangan gunakan domain gratis dari Freenom. Dengan ekstensi .GA .CF .ML dan lain sebagainya. Meskipun Freenom menyediakan domain TLD gratis, namun layanan ini sering disalahgunakan dan akhirnya dianggap spam oleh Google. Ujung-ujungnya, blogmu malah kena banned oleh Google.

Seperti contoh, blog saya ini dulunya bernama aubinesia.blogspot.com. Kemudian karena saya mulai serius menekuni hobi saya yakni menulis blog, maka saya pun kemudian membeli domain www.aubinesia.com di DomaiNesia seharga Rp 99.000. Sangat murah sekali.

7. Setelah Posting Artikel, Segera Submit Artikel Terbarumu ke Google Search Console

submit artikel ke google search console
Sumber: petunjuk.id
Jangan lupa, setelah posting artikel, segera submit artikelmu ke Google Search Console. Untuk apa? Hal ini dilakukan supaya artikelmu terdaftar dan dapat ditelusuri di mesin pencari Google. Supaya orang-orang bisa mengakses blogmu menjadi lebih mudah.

Bila belum memiliki properti domain, segera daftarkan blogmu di Google Search Console. Tentunya kamu nggak mau kan, sudah capek-capek nulis dan mikir ide untuk artikel, eh artikelmu malah tidak ada di Google karena belum terdaftar.

8. Jangan Lupa Share Artikel Blogmu ke Media Sosialmu

share artikel ke media sosial
Sumber: dartthemes.com
Setelah posting artikel dan submit artikel tersebut di Search Console, jangan lupa juga share ke media sosialmu. Baik Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain.

Hal ini harus dilakukan supaya orang-orang, baik itu teman-temanmu atau para follower media sosial kamu mengunjungi blogmu. Kan lumayan, kalau followermu ada 500 misalkan, lalu semuanya mampir di blogmu, ya tentu kamu dapat 500 pengunjung. Jumlah yang besar sekali bukan?

Tentunya kamu gak mau juga kan kalo udah capek-capek nulis, tapi malah gak ada yang baca karena kamu nggak share artikelnya.

9. Join di Komunitas-Komunitas Blogger

join di komunitas blogger
Sumber: enabword.blogspot.com
Ada banyak cara agar blogmu dikenal oleh banyak orang. Salah satunya adalah kamu bergabung di komunitas-komunitas blogger, misalnya Warung Blogger, Komunitas Blogger Indonesia, Blogger Perempuan, Travel Blogger Indonesia, dan lain-lain.

Kamu juga bisa share artikel blogmu di komunitas tersebut. Juga jangan lupa, jalinlah pertemanan dengan para member komunitas tersebut, supaya kamu makin banyak teman dan bisa saling sharing informasi.

Pengalaman pribadi, setelah saya join di beberapa komunitas blogger, saya mendapatkan banyak kenalan baru dan Alhamdulillah visitor blog ini semakin banyak.

10. BlogWalking ke Blog Orang Lain

blogwalking ke blog orang lain
Sumber: antowiyono.blogspot.com
Apa itu BlogWalking? BlogWalking adalah kegiatan saling mengunjungi antar sesama blogger. Jadi kamu mampir ke blog mereka, dan mereka juga mampir ke blogmu.

Kalian juga bisa komen di blog mereka, komen yang positif dan masih "related" atau sesuai dengan topik pembahasan artikel tersebut. Dengan demikian, si pemilik website akan senang bahwa ada yang komen di blognya.

Siapa sih yang nggak seneng bahwa ada orang lain yang komen di blog kamu? Saya saja girang banget kalo ada orang yang komen di blog ini. Hehehe.

Kesimpulan

Intinya, kamu bakalan jadi sukses atau enggak ya tergantung diri kamu sendiri. Apakah kamu serius menekuni hobimu atau nggak. Jalanin saja hidupmu yang sesuai dengan hobi atau kemampuanmu.

Oh ya, satu lagi. Kalo bener-bener baru mulai, jangan langsung ngarep banyak pengunjung dan langsung jadi terkenal. Di dunia ini nggak ada yang instan, bahkan yang namanya Mie Instan juga butuh proses memasak terlebih dahulu baru bisa dimakan.

kamu harus berusaha
Sumber: m.brilio.net
Butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan blogmu menjadi blog besar dan terkenal. Sama seperti blog ini. Saya mulai membuat blog ini sejak Agustus 2019 dan sekarang Alhamdulillah visitor sudah lumayan banyak.

Terima kasih semua yang sudah berkunjung di blog ini! Tanpa kalian, saya hanyalah blogger kecil yang nggak ada apa-apanya.

Oke, demikian artikel untuk kali ini. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca ya! Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam Traveler!~

Belum ada Komentar untuk "Tips Blogging untuk Pemula Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel