Inilah Beberapa Persiapan Mendaki Gunung yang Harus Kamu Perhatikan!

AubiNesia ~ Halo Sobat Traveler! Mendaki gunung adalah sebuah hobi yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Kita akan merasa puas apabila telah berhasil mencapai puncak gunung dan berhasil selamat sampai kembali pulang ke rumah. Ini akan menjadi cerita yang bisa kita ceritakan ke anak cucu kita, tentunya sebuah cerita yang membanggakan.

Sumber: lifestyle.okezone.com
Berolahraga sebelum melakukan pendakian adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini termasuk dalam pemanasan jika seandainya nanti kita harus berjuang melawan cuaca ekstrim. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan ketika hendak melakukan pendakian.

Apa sajakah hal yang perlu kita siapkan sebelum mendaki gunung? Yuk kita simak bersama!

Persiapan Mendaki Gunung yang Harus Kamu Perhatikan

Berikut ini adalah persiapan-persiapan mendaki gunung yang wajib disiapkan dan dilakukan sebelum mendaki agar proses mendaki gunung tidak mendapatkan masalah.

1. Berolahraga

Sumber: review.bukalapak.com
Sebaiknya satu bulan sebelum pendakian kita harus rajin berolahraga. Olahraga yang bisa kita lakukan adalah olahraga yang sifatnya melatih ketahanan otot. Jika kita berhasil berlatih olahraga ini secara konsisten selama sebulan sebelum keberangkatan, maka dijamin tubuh kita tidak akan mudah lelah.

Adapun olahraga yang bisa kita lakukan untuk melatih ketahanan otot adalah:

Lari di tempat selama minimal 20 detik setiap set

Setiap hari usahakan sampai 10 set. Yaitu waktu pagi setelah bangun tidur 2 set, sebelum mandi pagi 2 set, siang hari 2 set, sore hari 2 set, dan sebelum mandi sore 2 set. Lakukan olahraga ini secara konsisten selama 1 bulan untuk melatih ketahanan kaki supaya tidak mudah lelah ketika berjalan.

Naik-turun tangga (Setiap Set 7 kali naik-turun)

Dalam sehari lakukan hingga 5 set, waktunya bisa pagi hari, siang hari, atau malam hari. Lakukan secara konsisten selama 1 bulan.

Lakukan Skot Jump setiap pagi dan sore hari

Lakukan olahraga ini setiap pagi hari dan sore hari, sebanyak-banyaknya sampai kaki terasa sangat lelah hingga tidak mampu melakukannya lagi. Lakukan setiap hari selama 1 bulan.

Melatih pundak dengan cara angkat badan (Pull-Up)

Yaitu olahraga yang menggunakan kedua tangan dengan cara bergelantungan pada sebuah benda diatas kepala kita, kemudian angkat badan naik-turun tanpa menyentuh lantai. Lakukan ini sebanyak-banyaknya hingga kelelahan.

2. Menyiapkan Peralatan yang Akan Dibawa

Berikut adalah peralata-peralatan yang harus dibawa ketika mendaki gunung.

Menyiapkan Tenda

Sumber: parah1ta.com
Tenda adalah salah satu dari sekian banyaknya alat yang wajib dibawa ketika mendaki gunung. Jangan sampai lupa bawa tenda, karena nantinya akan digunakan sebagai tempat berteduh dari hujan maupun sebagai tempat untuk beristirahat. Biasanya, setiap rombongan hanya membawa beberapa tenda saja, maka ada baiknya berkomunikasi kepada seluruh anggota rombongan untuk menentukan siapa yang akan membawa tenda.

Kompor Kecil atau Kompor Parafin

Sumber: lordberly.blogspot.com
Kompor juga menjadi alat yang wajib untuk dibawa. Karena kompor digunakan untuk memasak bahan makanan yang sudah kita bawa sebelumnya.

Jaket Hoodie Waterproof dan Windproof

Sumber: bp-guide.id
Sebaiknya kita menyiapkan jaket dengan spesifikasi anti air dan anti angin seperti ini untuk membantu kita jika seandainya harus menghadapi cuaca ekstrim sebelum mencapai pos peristirahatan.

Untuk memenuhi kebutuhan jaket hoodie, sebaiknya jaket hoodie berbahan parasut yang tahan air maupun tahan angin. Agar ketika dipakai saat cuaca ekstrim dapat menahan air maupun angin.


Membawa Jas Hujan Bagian Celana

Sumber: www.ilmukepala.com
Terkadang melewati hujan yang sangat deras tidak cukup hanya menggunakan jaket anti air, kita juga perlu mengamankan celana kita agar tetap kering selama perjalanan dengan memakai jas hujan celana.

Menggunakan Sandal Gunung

Sumber: thetravelearn.com
Ketika mendaki, kita memerlukan sandal gunung untuk melewati jalan yang terjal. Sandal gunung memiliki kaitan ke pergelangan kaki sehingga tidak akan terlepas ketika mengangkat kaki.

Jangan menggunakan sepatu! Karena ketika sepatu tersebut basah karena hujan atau hal lain, maka kaki kita akan terus basah sepanjang perjalanan. Hal ini akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kutu air dan kaki kita menjadi jamuran.

Menyiapkan Beberapa Kaos Kaki

Sumber: travelingyuk.com
Kaos kaki sebaiknya dibawa juga, karena akan digunakan untuk menghangatkan kaki kita ketika sedang beristirahat ketika cuaca sedang dingin. Jangan gunakan kaos kaki ketika sedang hujan.

Memakai Topi Kupluk

Sumber: chanelmuslim.com
Topi kupluk itu adalah sejenis topi yang jika dipakai maka akan menutupi telinga. Dengan telinga yang tertutupi oleh topi kupluk, maka ketika dalam keadaan cuaca dingin telinga kita akan tetap hangat. Ketika telinga kita hangat, maka akan mengurangi rasa dingin di tubuh.

Memakai Slayer

Sumber: doumontablog.wordpress.com
Sebaiknya kita memakai slayer juga untuk menutupi leher supaya tubuh tetap hangat.

Menyiapkan Alas Tidur

Sumber: www.idntimes.com

Alas tidur khusus hiking saat ini sudah sangat maju. Biasanya alas tidur sudah termasuk selimut berbentuk kapsul. Dengan alas tidur seperti ini, maka akan sangat praktis dan nyaman ketika digunakan untuk beristirahat.

Membawa Penutup Hidung

Sumber: bp-guide.id

Penutup hidung bisa menggunakan slayer atau masker kain. Ini akan sangat berguna untuk menutupi hidung dan mulut ketika cuaca dingin dan angin kencang, juga bisa digunakan untuk melindungi hidung dari masuknya benda asing ke dalam hidung.

3. Menyiapkan Kebutuhan Untuk Mendaki

Dengan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dapat membuat proses pendakian menjadi lebih nyaman dan tenang. Berikut adalah beberapa kebutuhan mendaki gunung yang harus dibawa.

Bahan Makanan

Bahan makanan termasuk air mineral, makanan cepat saji, serta minuman hangat.
  1. Air Mineral - Bawa air mineral sesuai kebutuhan anggota rombongan serta koordinasikan dengan kelompok Anda siapa yang akan membawa air mineral nanti.
  2. Makanan Ringan - Usahakan membawa makanan yang tidak susah dan mudah membuatnya, seperti mie instan.
  3. Makanan Berat - Makanan berat disini maksudnya adalah makanan yang membuat kenyang dan awet selama beberapa hari dan tanpa perlu dimasak. Makanan tersebut bisa berupa ketupat, olahan nasi ketan (jadah goreng), dan lain-lain. Contoh makanan tersebut bisa membuat kenyang tanpa harus dimasak terlebih dahulu.
  4. Makanan Booster - Makanan ini bisa berbentuk gula aren. Sangat pas untuk dimakan ketika dalam perjalanan mendaki sebelum mencapai pos peristirahatan.
  5. Teh atau Kopi dan Gula - Bisa diminum ketika sedang beristirahat, baik untuk sekedar menghangatkan tubuh maupun menghilangkan rasa haus.

Obat-Obatan

Obat-obatan akan sangat membantu ketika dalam perjalanan, terlebih bila ada anggota kelompok Anda yang sedang tidak enak badan. Bawalah obat-obatan yang gampang diminum dan tidak ribet membawanya, seperti Panadol, Bodrex, Antangin, Balsem, atau sekedar obat penghilang rasa nyeri.

Penutup

Memberikan waktu istirahat beberapa hari sebelum keberangkatan adalah hal yang bijak untuk dilakukan. Memberikan kesempatan badan untuk beristirahat agar badan lebih segar dan siap untuk melakukan hiking.

Selain dari semua daftar yang saya sebutkan di atas, kekompakan dan saling pengertian satu sama lain antar anggota regu adalah hal yang paling penting untuk meraih keberhasilan mencapai puncak gunung yang ingin dicapai. Karena jika tidak kompak atau egois sendiri ketika perjalanan, maka akan sangat memengaruhi keberhasilan pendakian itu sendiri.

Oke guys, mungkin segini saja artikel untuk kali ini. Semoga daftar persiapan sebelum mendaki gunung di atas bisa membantu kalian mempersiapkan segalanya. Sebab semakin lengkap persiapanmu, itu menandakan seberapa jauh pengalamanmu.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat ya!

Salam Traveler!~


from AubiNesia https://ift.tt/2ywxe5y

Belum ada Komentar untuk "Inilah Beberapa Persiapan Mendaki Gunung yang Harus Kamu Perhatikan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel